Sabtu, 14 September 2013

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF SEPANJANG HAYAT

PENDAHULUAN
1.Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan untuk mencapai tujuannya, ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan PDK dan MK yang sasaran akhirnya pembentukan watak.
2.Pendidikan dalam GP dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik sepanjang individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan sasaran menjadikan mereka sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat.
 MATERI POKOK
1.Pelaksanaan pddk dlm GP dilakukan lewat kepramukaan dengan harapan pd pst didik akan timbul kesadaran bahwa:
a.hasilan : mental/spiritual, moral, pisik, intelektual, emosi dan sosial.
b.Proses pendidikan tidak sama dengan proses pengajaran.
pada hakekatnya dilakukan oleh peserta didik sendiri (sebagai subyek), yang merencanakan dan melaksanakannya, sedang pembina sbg pembimbing, fasilitator, konsultan dengan pemasok metode 
2.GP menggunakan pertemuan sbg alat pddk utk mencapai tujuan GP. Proses pddk terjadi pada pertemuan yang interaktif dan komunikatif antara 2 orang atau lebih.
3.dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang berkesinambungan, teratur, terarah dan terencana oleh dan untuk peserta didik dengan dukungan orang dewasa.
4.Kepramukaan merupakan:
a.Proses kegiatan belajar sendiri yang progresif (maju dan meningkat)
b.Sistem pembinaan dan pengembangan sumber daya (potensi) kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas yang mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat.
5.Keberhasilan kepramukaan ditentukan oleh efektif dan efisiennya pertemuan interaktif dan komunikatif peserta didik.
6.Pendidikan sepanjang hayat
a.Kepramukaan merupakan pelengkap pendidikan di sekolah dan pendidikan dalam keluarga
b.Melalui kepramukaan peserta didik menemukan dunia lain di luar ruangan kelas (sekolah),
c.Kepramukaan mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik, mengembangkan minat melakukan penelitian
Kepramukan sebagai proses pendidikan dalam bentuk kegiatan kretaif, rekreatif yang edukatif, harus dirasakan oleh peserta didik sebagai sesuatu yang menyenangkan, menarik, tidak menjemukan, dan tidak adanya paksaan dalam bergiat.
8.Kepramukaan merupakan suatu sistem pendidikan Kepramukaan akan dapat dilaksanakan dengan baik bilamana unsur-unsur yang didalamnya saling berperan aktif dan terkait satu dengan yang lain.
Unsur-unsur kepramukaan tersebut adalah:
a.Peserta didik sebagai subyek pendidikan.
b.Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK), yang menarik dan menyenangkan, yang disusun oleh peserta didik dengan bimbingan dan bantuan Pembina Pramuka.
c.PDK & MK
d.Kode Kehormatan Pramuka.
e.Pembina Pramuka.
f.Masyarakat.
g.Alam terbuka.
Yang saling menunjang, kreatif-rekratif dan edukatif.
  
 

0 comments:

Posting Komentar